Pengaruh Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Ajaran 2023/2024

  • kristian Simanjuntak Manajemen Pendidikan Kristen
Keywords: Availability, Facilities and Infrastructure, Learning Achievement

Abstract

The aim of this research is to determine the effect of the availability of infrastructure on the learning achievement of class X TKR students at SMK Negeri 2 Siatas Barita. The method used in this research is an inferential quantitative method. The population was all 127 class X TKR students and a sample of 30 was determined using a non-probability sampling technique, namely purposive sampling. Data was collected using a closed questionnaire with 15 items. The results of data analysis show that there is a positive and significant influence in the availability of educational infrastructure on the learning achievement of class A positive relationship is obtained by the value rxy = 0.553 > rtable(=0.05,n=30) = 0.361, thus it is known that there is a positive relationship between variable > t table(=0.05,dk=n-2=28)= 2.048, thus there is a significant relationship between variable "72.863"+0.130X. b) Regression coefficient of determination test (r2) = 30.5%. 3) Test the hypothesis using the F test to obtain Fcount > Ftable, namely 12.315 > 4.17. Thus Ha is accepted and H0 is rejected.

References

Abdulloh, Suntoko, Tedi Purbangkara, dan Ade Abikusna, Peningkatan Dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik (Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019)
Albarado, Aan Pravo, dan Viarti Eminita, ‘Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Mts Khazanah Kebajikan’, Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, VI.2 (2020), 167–74
Apriana, Dewi, ‘Problematika Guru Dari Aspek Ketersediaan Sarana Prasarana Menghadapi Era Standarisasi Pendidikan Nasional’, Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, II.1 (2017), 291–97
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)
———, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2018)
Bararah, Isnawardatul, ‘Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran’, Jurnal MUDARRISUNA, X.2 (2020), 351–70
Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2011)
Erlina, Moni, Slamet Rianto, dan Loli Setriani, ‘Ketersediaan Dan Pemanfaatan Sarana Prasarana Pendidikan Di SMP Negeri 1 Asamjujuhan Kabupaten Dharmasraya’, Jurnal STKIP PGRI Sumatera Barat, 2017, 1–6
Gusmawati, Lutfi, Sitti Aisyah, dan Siti Ummu Habibah, ‘Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, II.1 (2020), 36–42
Jannah, Saniatu Nisail, dan Uep Tatang Sontani, ‘Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, III.1 (2018), 63–70
Kartika Sari, Apriani, Muhsin, dan Fahrur Rozi, ‘Pengaruh Motivasi, Sarana Prasarana, Efikasi Diri, Dan Penyesuaian Diri Terhadap Kemandirian Belajar’, Economic Education Analysis Journal, VI.3 (2017), 923–35
Mustakim, ‘Upaya Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Perspektive, IX.1 (2016), 63–71
Rismayani, Eliana Ayu Lestari, dan Nuraini Nindra Utami Br Tarigan, ‘Problematika Sarana Dan Prasarana Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Islam, II.2 (2021), 327–46
Rosnaeni, ‘Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan’, Jurnal UIN Alauddin, VII.1 (2019), 32–43
Rosyid, Moh. Zaiful, Mustajab, dan Aminol Rosid Abdullah, Prestasi Belajar (Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2019)
Saefudin, Muhammad, dan Chodidjah Makarim, ‘Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, V.2 (2020)
Sopian, Ahmad, ‘Manajemen Sarana Dan Prasarana’, Jurnal Tarbiyah Islamiyah, IV.2 (2019), 43–54
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2016)
Suparno, Agnesia Hartini, dan Ardianti Susila, ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII C’, Jurnal Pekan, VII.1 (2021), 63–77
Wiguna, I Nengah Sastra, H Wahjoedi, dan Ni Luh Putu Spyanawati, ‘Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di SMP Se-Kecamatan Bangli’, Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, VIII.3 (2020), 490–95
Wiyono, Teguh, Syarifuddin Gani, dan Rahmi Sofah, ‘Studi Kasus Prestasi Belajar Rendah Siswa “NH” Di Madrasah Aliyah Negeri Sakatiga Kabupaten Ogan Ilir’, Jurnal Konseling Komprehensif, IV.2 (2017)
Ya’cup, Mihmidaty, dan Dewi Suwantri Ga’a, ‘Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana’, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, II.2 (2021), 60–69
Yunani, Sri, Urip Widodo, dan Sukarti, ‘Pengaruh Ketersediaan Sarana Prasarana Pembelajaran Dan Keaktifan Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Agama Buddha’, Jurnal Pendidikan Dasar Dan Manajemen Pendidikan, II.1 (2021), 22–38
Yuzarion, ‘Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik’, Jurnal Ilmu Pendidikan, II.1 (2017), 107–17
Published
2024-07-01
How to Cite
Simanjuntak, kristian. (2024). Pengaruh Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Ajaran 2023/2024. Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 8(1), 16-24. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v8i1.1274