MANAJEMEN PENDIDIKAN 4.0

  • widiyanto putu iahntp

Abstract

ABSTRAK

Menghadapi era industri 4.0 dunia pendidikan di Indonesia diwajibkan untuk berevolusi dan berinovasi dengan cepat untuk dapat menghasilkan lulusan yang mampu bersaing, salah satunya dengan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan global dan inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran yang dilakukan adalah memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang pesat di era revolusi industri 4.0 ini untuk meningkatkan mutu pembelajaran, upaya-upaya perubahan tersebut tidak akan bisa berjalan dengan baik bilamana manajemen pendidikan sebuah lembaga pendidikan tidak berjalan dengan baik. Diharapkan tujuan penelitian ini dapat menghasilkan sebuah sintesa mengenai bagaimana manajemen pendidikan era revolusi industri 4.0 dapat memenuhi kualifikasi kemampuan lulusan yang dapat bersaing dan berkompetensi. Manajemen pendidikan merupakan sebuah kegiatan yang paling pokok dalam proses pendidikan, dimana pencapaian tujuan pendidikan sangat ditentukan kepada bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan di sebuah lembaga pendidikan berjalan dengan baik sesuai prinsif-prinsif manajemen pendidikan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan.

Kata Kunci : manajemen pendidikan, revolusi industri

 

Published
2019-12-03
How to Cite
putu, widiyanto. (2019). MANAJEMEN PENDIDIKAN 4.0. Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 3(01), 75-94. Retrieved from https://www.ejournal.iahntp.ac.id/index.php/Satya-Sastraharing/article/view/412