PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS)
Abstract
ABSTRAK
Meningkatkan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan penguatan partisipasi masyarakat, dengan ikut serta dalam penyusunan program serta implementasinya dalam proses pembelajaran. Keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan pendidikan dapat dilakukan bila sekolah memiliki otonomi untuk penyelenggaraan pendidikannya dengan melibatkan semua warga sekolah termasuk masyarakat dan orang tua. Penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS) diyakini sebagai suatu model implementasi kebijakan desentralisi pendidikan yang mencirikan otonomi kepada sekolah dalam pengelolaannya. MBS merupakan salah satu langkah dalam mendukung peningkatan mutu sekolah. MBS menekankan pada seluruh pihak yang berkepentingan dalam peningkatan mutu pendidikan dalam menggodok dan merumuskan segala macam keputusan yang berkaitan dengan pendidikan serta ikut serta dalam implementasi konsep yang telah dibuat. Partisipasi dari orangtua siswa dan masyarakat dalam program MBS berupa merealisasi program sekolah selai itu mendukung sekolah melalui bantuan dana dan bersama warga sekolah merumuskan dan mengembangkan program yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan disekolah. Partisipasi masyarakat dan orang tua siswa dapat membantu sekolah sebagai narasumber atau organisator kegiatan sekolah. Selain itu dapat juga terlibat secara aktif dalam proses kontrol kualitas pengelolaan sekolah.
Kata Kunci : manajemen berbasis sekolah, partisipasi masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.