TAT TWAM ASI DALAM PELAYANAN PRIMA DI PERPUSTAKAAN MENURUT KITAB SARASAMUCCAYA

  • gusti ayu iahntp
Keywords: Tat Twam Asi, Pelayanan Prima, Perpustakaan, Sarasamuccaya

Abstract

Pelayanan prima merupakan upaya yang dilakukan oleh pustakawan  untuk mewujudkan perpustakaan yang  bisa berkontribusi dan berinklusi sosial bagi masyarakat sekitar. Pelayanan prima yang dibahas di sini erat kaitannya dengan pelayanan yang dilakukan pustakawan kepada pengunjung perpustakaan. Beberapa hal yang harus dilaksanakan oleh perpustakaan untuk mewujudkan layanan prima antara lain kecepatan dan keakuratan pustakawan dalam mencari informasi, kemudahan cara mencari informasi, sikap dan sifat pustakawan dalam memberikan layanan dengan menganggap orang lain (pengunjung) adalah dirinya sendiri, serta kenyamanan yang bisa diberikan oleh perpustakaan kepada pengunjung.

Tat twam asi adalah ajaran Hindu yang mengajarkan tentang kesamaan martabat manusia yang menganggap orang lain adalah diri kita sendiri. Ajaran ini sesuai dengan tujuan perpustakaan dalam mewujudkan pelayanan prima. Tat twam asi dalam kitab sarasamuccaya mengajarkan delapan hal yaitu (1) tidak menyimpang dari ajaran dharma (2) mengendalikan pikiran, perkataan dan perbuatan (3) tinggalkan sifat dengki dan iri hati (4) kesabaran adalah kekayaan utama (5) Kemarahan adalah sumber musuh (6) Jangan berkata kasar (7) susila atau berbuat baik (8) Bergaulah dengan orang sadhu.

References

Admaja, I. M. N., Arniati, I. A. K., & Yudari, A. A. K. S. (2010). Etika Hindu. Paramita.
Cahyono, T. Y. (n.d.). Optimalisasi Layanan Prima di Perpustakaan. 12.
Hartono. (2016). Kompetensi Pustakawan Profesional. Calpulis.
Ibrahim, A. (2014). Konsep Dasar Manajemen Perpustakaan Dalam Mewujudkan Mutu Layanan Prima Dengan Sistem Temu Kembali Informasi Berbasis Digital. 2(2), 10.
Kajeng, I. N. (2003). Sarasamuccaya-dengan Teks Bahasa Sansekerta dan Jawa Kuna. Paramita.
Perpustakaan Nasional RI. (2010). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI.
Radhakrishnan, S. (2008). Upanisad-Upanisad Utama. Paramita.
Rhoni. (2017). Pustakawan Profesional di Era Digital. Suluh Media.
Suhardana, K. (2010). Tat Twam Asi Ajaran Kesamaan Martabat Manusia. Paramita.
Sujatna. (2018). Inovasi Pustakawan Zaman Now. Mahara Publishing.
Sumekar, S. (2009a). Layanan Prima Perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI.
Sumekar, S. (2009b). Layanan Prima Perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI.
Suwarno, W. (2010). Ilmu Perpustakaan & Kode Etik Pustakawan. Ar-Ruzz Media.
Tim. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2021-06-02
How to Cite
ayu, gusti. (2021). TAT TWAM ASI DALAM PELAYANAN PRIMA DI PERPUSTAKAAN MENURUT KITAB SARASAMUCCAYA. Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 4(1), 69-85. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v4i1.487