Esensi Komunikasi Pendidikan
Abstract
Kemajuan yang disebut pembangunan di Indonesia belum merata (sampai kepelosok), khususnya bidang jaringan komunikasi/mendukung pemanfaatan media. Masyarakat desa terutama usia Sekolah, belajar dengan sistem daring (memanfaat jaringan internet) mengalami kendala, ditambah dengan sarana yang (laptop dan telepon genggam) yang mahal harganya. Hal yang sangat dirasakan oleh oleh setiap unsur pendidik maupun peserta didik selama ini terutama masa pandemi sekarang ini bahkan masyarakat yang berdomisili diwilayah kota pun masih banyak kendala jaringan, apabila berada dipinggiran. Pada hal komunikasi jarak jauh satu-satunya cara untuk menyelesaikan atau menyiasati kondisi saat ini agar pendidikan/pembelajaran formal tetap berlangsung. Elektronik salah satu media pendidikan yang secara umum memperjelas informasi pendidikan secara umum-menyeluruh, sama dan jelas dari sumber yang resmi atau dipercaya dan dapat dipertanggung-jawabkan. Sehingga pemberi informasi pun adalah orang-orang yang dipilih atau ditentukan. Peserta didik terutama ditempat yang terkendala sistem atau jaringan komunikasi dan informasi (elektronik), memilih waktu yang tepat untuk mengakses dan media atau perangkat pendukung yang dipandang efektiv.
References
Sadiman, Arief S. (dkk). 2012. Media pendidikan : pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Depok : Rajawali Pers
Azhar Asyad. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo persada
Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta
Dr. Arief S. Sadiman, M.Sc (dkk) 2014. Media Pendidikan, Jakarta: PT Rajagrafindo persada.
Dr. Arief S. Sadiman, M.Sc (dkk) 2012. Media pendidikan, jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Bambang Warisita, 2000. Teknologi Pembelajaran Landasan dan aplikasinya, Jakarta : PT Rineka Cipta,
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.