Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Hindu
Abstract
Tujuan tulisan ini adalah untuk mengali dan memberikan deskripsi konsep dasar menajemen pendidikan Hindu yang diterapkan dalam pendidikan Hindu. Menajemen pendidikan Hindu adalah suatu proses, cara, metode dalam pendidikan Hindu memberdayakan sumber daya manusia yang ada agar mencapai tujuan yang efektaif dan efesien. Pola Pendidikan Hindu mengunakan ajaran dan konsep-konsep Hindu sebagai landasan dan inspirasi untuk mengembangkan pendidikan, baik dari visi, misi, tujuan, capaian pembelajaran metode pengajaran, strategi pembelajaran serta metode evaluasinya. Pendidikan agama Hindu adalah upaya sadar dan terencana menyiapkan peserta didik mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani dan berahlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama Hindu dari sumber utama (kitab suci) seperti Sruti, Smrti, Sila, Acara dan Atmanastuti yang menghendaki perubahan sikap dan perilaku secara menyeluruh, utuh dan integral. Manajemen pendidikan Hindu disusun untuk menghadapi tantangan pendidikan dimasa depan.
References
Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Rafika Aditama.
Astawa, I Nyoman Sidi. 2018. Pola Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Hindu. Jurnal: Satya Widya Studi Agama. Volome 1 Nomor 1 Juni 2018. Palangka Raya: Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya.
Manaf, H. S. 2001. Pola Manajemen Penyelenggaraan Pondok Pesantren. Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Depag Republik Indonesia.
Morocco, C. C. (2008). Supported Literacy for Adolescent: Transforming Teaching and Content Learning for The Twenty-First. San Fransisco: Jonh Wiley & Sons,Inc.
Romlah. 2016. Manajemen Pendidikan Islam. (serial online) Bandar Lampung: http://repository.radenintan.ac.id
Shulhan, Muhawid & Soim. 2013. Menajemen Pendidikan Islam. Tulungagung: Teras.
Suardana, IB Raka. 2016. Manajer Pasraman Sumbangan Pemikiran. Wartam online, (akses tanggal 5 Februari 2021). Tersedia dalam URL: https://phdi.or.id/artikel/manajer-pasraman-sumbangan-pemikiran.
Suhardi, Untung. 2014. Merekonstruksi Sistem Pendidikan Hindu Dalam Upaya Menumbuh Kembangkan Budi Pekerti Pada Anak Untuk Menjadi Insan Cerdas Dan Kompetitif. Jurnal : Jurnal Pasupati Vol. 3 No. 1. Jan-Juni 2014. Jakarta: STAHDNJ
Sukerti, Ni Wayan. 2018. Peningkatan Pengawasan Guru Agama Hindu Dalam Menghadapi Problematika Pendidikan Di Kementerian Agama Kota Denpasar. Jurnal: Pendidikan Hindu, Vol 5, No 1. Denpasar: Guna Widya.
Sutriyanti, Ni Komang. 2019. Pengelolaan Pendidikan Keagamaan Hindu Di Yayasan Pasraman Gurukula Bangli Provinsi Bali. Bali: Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.
Syaban, Marwan. 2014. Konsep Dasar Menajemen Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama Vol: 12 No: 2. Maluku Utara: Universitas Khairun Ternate
Trilling, S., & Fadel, C. (n.d.). 21 st Century Skill: Learning for life in our Time. San Fransisco: Jonh Wiley & Sons,Inc.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.