Kajian Konsep Manajemen Pendidikan Karakter Anak Dalam Kitab Panaturan
Abstract
Tulisan ini membahas tentang konsepsi manajemen pendidikan karakter pada Kitab Panaturan. Jenis tulisan ini studi pustaka (library research) yang menganalisis interpretasi Panaturan dengan pasal-pasal atau term-term terkait pendidikan karakter anak dalam Panaturan melalui telaah kepustakaan yang menggunakan Kitab Panaturan. Selanjutnya untuk memperoleh data dilakukan dengan mengkaji berbagai literatur dengan menggunakan metode content analysis. Tulisan ini menyimpulkan bahwa internalisasi nilai-nilai Kitab Panaturan dalam manajemen pendidikan karakter anak dapat membentuk kondisi kejiwaan atau karakter anak Hindu yang suputra (anak yang sempurna). Penginternalisasian nilai-nilai karakter dalam Kitab Panaturan adalah dengan mengintegrasikan faktor internal dan faktor eksternal anak dengan menjadikan ajaran Hindu sebagai inti nilai-nilai Susila yang berdasarkan peristiwa keluar darah-pajanjuri daha yang dialami Kameluh Putak Bulau Janjulen Karangan yang mendasari pelaksanaan perkawinan bagi Kameluh Putak Bulau Janjulen Karangan dan Manyamei Tunggul Garing Janjahunan Laut (cikal bakal-leluhur orang Dayak). Dalam perkembangan manusia dipengaruhi oleh dua hal yakni disebut faktor internal meliputi jasmani dan rohani, ementara faktor eksternal anak adalah lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat (tri sentra pendidikan) dalam hubungannya di masa sekarang. Jika faktor-faktor ini terdidik dengan baik, pembentukan karakter anak akan berkembang secara seimbang. Sebuah kajian model manajemen pendidikan yang berkontribusi besar dalam membentuk generasi muda Hindu yang berkarakter baik.
References
Abidinsyah. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membangun Peradaban Bangsa Yang Bermartabat. Socioscientia: 3 (1).
Amini, Ibrahim. 2006. Agar Tak Salah Mendidik, Jakarta: Al-Huda.
Etika, Tiwi. 2005. Aspek Ketuhanan Dalam Kitab Suci Panaturan, Serta Identifikasinya Dipandang Dari Teologi Hindu. (Tesis). Denpasar: IHDN.
Gaya. 2012. Tesis. Pendidikan Non-Formal Agama Hindu Dalam Latar Budaya Dayak Ngaju Studi Kasus di Desa Kampuri Kec. Mihing Raya Kab. Gunung Mas. Denpasar: IHDN.
Juniarthi, Ayu. Pendidikan Anak Menurut Ajaran Agama Hindu Kaharingan Dalam Kitab Suci Panaturan. (Skripsi). Palangka Raya: STAHN-TP Palangka Raya.
Krippendorff, Klauss. 1980. Content Analysis: An Introduction Methodology. Baverley Hill California: Sage Publication.
Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter (Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik). Bandung: Nusa Media.
Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan (MB-AHK) Pusat. 2013. Panaturan. Denpasar: Widya Dharma.
Pemerintah Republik Indonesia. 1974. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.
Pemerintah Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Puspa, Ida Ayu Tary. 2018. Teologi Hindu Anak Suputra pada Era Globalisasi. Surabaya: Paramita.
Saihu, Made. 2020. Unity in Diversity: Humanism-Theocentric Paradigm of Social Education in Indonesia. Mauritius: GlobeEdit: International Book Market Service Ltd.
Titib, I Made. 2007. Studi Agama Hindu (Masalah dan Solusi). Denpasar: IHDN Denpasar.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.