IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARI RUMAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMAN-1 BASARANG KABUPATEN KAPUAS

  • wayan karya IAHN-TP

Abstrak

Pandemik covid-19 saat ini membuat pembelajaran agama Hindu tidak dapat dilaksanakan secara langsung. Pembelajaran agama Hindu dilaksanakan dengan metode pembelajaran dari rumah secara dalam jaringan menggunakan aplikasi pembelajaran seperti google classroom, zoom, maupun aplikasi media sosial seperti WhatsApp. Kondisi tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid- 19) dan Surat Edaran Sesjen No. 15 Tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Covid-19

Keberhasilan belajar dari rumah sangat ditentukan oleh minat siswa dalam belajar. Siswa yang berminat dalam belajar akan terus tekun belajar, berbeda dengan siswa yang hanya menerima pelajaran tanpa ada niat yang ada dalam dirinya, maka ia tidak tekun dalam belajar Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti ingin mengkaji seberapa besar pengaruh pembelajaran dari rumah yang dilaksanakan dengan pembelajaran daring di masa pandemi ini terhadap minat belajar siswa di SMUN-1 Basarang. Siswa yang mengikuti pembelajaran pendidikan agama Hindu di SMAN-1 Basarang memiliki perasaan senang, perhatian siswa, ketertarikan siswa dan keterlibatan siswa selama mengikuti pembelajaran pendidikan agama Hindu baik dilaksanakan dengan daring dari rumah atau pembelajaran tatap muka. Kondisi tersebut menunjukan bahwa siswa memiliki minat belajar yang baik mengikuti pembelajaran pendidikan agama Hindu di SMAN-1 Basarang walaupun pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka.

Diterbitkan
2021-12-31
How to Cite
karya, wayan. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARI RUMAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMAN-1 BASARANG KABUPATEN KAPUAS. Satya Sastraharing, 5(2), 9-21. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v5i2.773