PERAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP REGULASI EMOSI ANAK DALAM BELAJAR
Abstract
Pada kehidupan anak terutama dalam tahap perkembangannya, sumber dukungan yang paling utama dibutuhkan adalah dukungan dari lingkungan keluarganya, terutama orangtua. Salah satu aspek pertumbuhan anak yang penting untuk di kelola adalah perkembangan emosi. Pengelolaan emosi atau regulasi emosi pada siswa ini perlu didukung oleh adanya dukungan sosial dari keluarga atau orang tua karena dengan regulasi emosi yang baik proses belajar anak juga dapat berjalan dengan baik. Dinamika antara dukungan sosial, regulasi emosi ini ternyata dapat menghasilkan prestasi belajar yang baik pada anak. Disisi lain variabel dukungan sosial sendiri juga memberikan kontribusi pada peningkatan hasil belajar, prestasi dan perkembangan kognitif, begitupula regulasi emosi. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa variabel dukungan sosial dan regulasi emosi keduanya dapat menjadi variabel dependent yang memengaruhi varibel independent yaitu proses belajar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.