Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Penggerak Di Sekolah Dasar GMIT Air Nona 1 Kupang
Abstract
ABSTRAK
Judul penelitian ini adalah Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Penggerak di Sekolah Dasar GMIT Airnona 1 Kupang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan kompetensi manajerial kepala sekolah di Sekolah Dasar GMIT Airnona 1 Kupang dalam meningkatan mutu sekolah penggerak. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kompetensi manajerial kepala sekolah di Sekolah Dasar GMIT Airnona 1 Kupang dalam meningkatkan mutu sekolah penggerak. Manfaat pada peneltian ini adalah untuk pengembangan teori manajemen pendidikan pada Magister Pendidikan Agama Kristen untuk dijadikan pedoman bagi lembaga pendidikan sebagai bahan informasi bagi penelitian selanjutnya berkaitan dengan implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif.
Dalam sekolah penggerak kurikulum yang dipakai yaitu “kurikulum merdeka” (prototipe), dan juga kurikulum 2013 akan tetapi yang lebih dikhususkan berkaitan dengan sekolah penggerak adalah kurikulum merdeka (prototipe). Kepala sekolah SD GMIT Airnona 1 Kupang dalam menjalankan dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab sekolah terlaksana baik sesuai dengan bidangnya. Kompetensi manajerial kepala sekolah mempunyai hubungan baik dalam hal saling melengkapi setiap kekurangan yang ada dengan satu tujuan yaitu terlaksananya program-program sekolah yang bersinergi dan berdayaguna. Meningkatnya mutu sekolah penggerak tentu adanya relasi baik antara pemimpin dan rekan kerjanya. Kendala yang dialami di SD GMIT Airnona 1 Kupang antara lain: ada beberapa guru yang kurang paham dalam penggunaan atau dalam mengoperasikan IT yang berdampak besar pada peningkatan mutu sekolah sebagai sekolah penggerak. selain itu terdapat kekurangan guru atau tenaga pendidik di SD GMIT Airnona 1 Kupang sebagai sekolah yang notabenennya adalah sekolah penggerak.
References
Amiruddin Siahaan. 2018. Kepemimpina Pendidikan. Medan: CV Widya Puspita.
Candra Wijaya Amiruddin Siahaan. 2019. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Choiroel Anwar. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Publisher.
Djafri, Novianty. 2016. Manajemen Kepemimpina Kepala Sekolah, Yogyakarta : Deepublish.
Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media
Edi Fandi. 2016. Teori Wawancara Psikodiagnostik, Yogyakarta: Leutikaprio.
Sekolah Penggerak. diakses pada tanggal 15 Maret 2022
Jelantik. Ketut. 2015. Menjadi kepala Sekolah Yang Profesional, Yogyakarta:Deepublish.
Jurnal. Ahmad kabir. 2020. Kompetensi Manajerial Kepala sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikan, Banda Aceh.
Jurnal. Ismuha, Khairudin, Djailani AR. 2016. kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SD Negeri lamkalat kecamatan Darussalam kabupaten Aceh Besar.
Jurnal Siti Julaeha. 2021. kinerja manajerial kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK Al Furqon Bantarkawung kabupaten Brebes
Jurnal Mikyal Oktarina, Aulia Rahmi. 2019. Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru.
Jurnal Sarlin Patilima. 2021). sekolah penggerak sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan.
Kompri. 2017. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah, Jakarta: Kencana.
Ni’matuzahroh. 2018. Observasi teori dan aplikasi dalam psikologi, Malang:UMM Press.
Yohana Maria Yamlai. 2017. jurnal manajemen pendidikan universitas cenderawasih.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.