Pelayanan Perpustakaan Untuk Menunjang Mahasiswa Dalam Penulisan Skripsi Di Institut Agama Kristen Negeri Kupang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada kenyataan bahwa perpusakaan kampus IAKN Kupang menyediakan fasilitas yang dapat mendukung atau mempermudah mahasiswa dalam mencari buku secara online. Namun ada sebagian mahasiswa jarang mengunakan perpustakaan kampus IAKN kupang dengan alasan perpustakaan kampus memiliki koleksi buku yang kurang lengkap sehubungan dengan dengan masalah diatas, peneliti ingin melakukan penelitian dengan Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui kualitas pelayanan perpustakaan kampus yang mengacu kepada pemenuhan mahasiswa dalam penulisan skripsi; 2) Bagaimana dengan ketersediaan koleksi buku diperpustakaan kampus. Penelitian ini mengunakan Metode penelitian pendekatan kualitatif dengan metode grounded theory dan jumlah informan sebanyak 10 orang untuk mewakili mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah pengodean terbuka, pengodean berporos dan pongodean selektif. Hasil Penelitian 1) Pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan kampus sendiri cukup memberikan pelayanan yang baik bagi setiap pengunjung perpustakaan ada beberapa layanan yang mungkin akan dikembangkan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dari mahasiswa sendiri. 2) Koleksi perpustakaan merupakan bahan perpustakaan yang disediakan untuk kepentingan belajar, informasi, rekreasi cultural dan penelitian bagi semua lapisan masyarakat mulai dari anak-anak sampai dewasa, harus diingat bahwa koleksi diperpustakaan harus disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dari mahasiswa
Kata Kunci : Pelayanan perpustakaan, Koleksi perpustakaan
Penelitian ini dilatarbelakangi pada kenyataan bahwa perpusakaan kampus IAKN Kupang menyediakan fasilitas yang dapat mendukung atau mempermudah mahasiswa dalam mencari buku secara online. Namun ada sebagian mahasiswa jarang mengunakan perpustakaan kampus IAKN kupang dengan alasan perpustakaan kampus memiliki koleksi buku yang kurang lengkap sehubungan dengan dengan masalah diatas, peneliti ingin melakukan penelitian dengan Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui kualitas pelayanan perpustakaan kampus yang mengacu kepada pemenuhan mahasiswa dalam penulisan skripsi; 2) Bagaimana dengan ketersediaan koleksi buku diperpustakaan kampus. Penelitian ini mengunakan Metode penelitian pendekatan kualitatif dengan metode grounded theory dan jumlah informan sebanyak 10 orang untuk mewakili mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah pengodean terbuka, pengodean berporos dan pongodean selektif. Hasil Penelitian 1) Pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan kampus sendiri cukup memberikan pelayanan yang baik bagi setiap pengunjung perpustakaan ada beberapa layanan yang mungkin akan dikembangkan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dari mahasiswa sendiri. 2) Koleksi perpustakaan merupakan bahan perpustakaan yang disediakan untuk kepentingan belajar, informasi, rekreasi cultural dan penelitian bagi semua lapisan masyarakat mulai dari anak-anak sampai dewasa, harus diingat bahwa koleksi diperpustakaan harus disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dari mahasiswa
References
Ching, Francis D.K.. 1996. Illustrasi Desain Interior. Jakarta: Airlangga.
Darmono. 2001. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Pt. Grasindo
Husain Usmman. 2011. Manajemen: Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Lasa HS. 2009. Kamus Kepustakaan Indonesia. Jakarta: Pustaka Book Publisher
Lutfiyah. 2016. Metodologi Penelitian; Penelitian Kuantitatif, Tindakan Kelas & Study Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Purwani. 2014. Istilah Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Ombak
Sehgal, Shruti. 2012. “Relationship Between Environmental and Productivity”. International Journal of Engineering Research and Application (IJERA). Vol. 2. Issue 4. Tersedia pada www.ijera.com/papers/Vol2_issue4/LY2419921995.pdf
Soetminah 1992. Perpustakaan, Kepustakawanan dan Pustakawan. Jogjakarta: Kanisius.
Sutarno, NS. 2006. Manajemen Perpustakaan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung
Wirawan. 2012. Evaluasi, Teori, Model, Standar Aplikasi dan Profesi: Contoh Aplikasi Evaluasi Program Pengembangan sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan dan Buku Teks. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.