Manajemen Pendidikan Di Era Pandemi Covid-19
Abstract
Menajemen pembelajaran sangat penting kedudukannya dalam rangka meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, apalagi di masa darurat penyebaran Corona Virus Disease 19 (COVID-19) seperti yang kita alami saat ini. Berbagai usaha dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan sesuai dengan SKB 4 Mentri. Berbagai hambatan, kesulitan, dan keterbatasan dihadapi dalam proses belajar mengajar, mulai dari faktor peserta didik, keluarga peserta didik, maupun sarana dan prasarana yang kurang representatif, namun kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) tetap menginstruksikan seluruh pendidik di semua jenjang pendidikan agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dari rumah baik siswa maupun mahasiswa.
Oleh karena itu, peran guru sangat dibutuhkan dalam memanage atau mengelola pembelajaran mulai dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan evaluasi (evaluating) dalam rangka meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di masa pandemi covid 19 saat ini, baik implementasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring)
References
Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Siswanto, Bedjo. 2006 Manajemen Modern, Bandung: Sinar Baru.
H. Malayu S. P. Hasibuan, 2004. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, (Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara.
Atmosudirjo,S.P.1980. Administrasi dan Manajemen Umum. Jakarta; Ghalis Indonesia.
Ambarita, Alben. 2006. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Kurikulum. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Fattah, Nanang. 2001. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Burhan Bungin. (2012). Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.