Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Pasca Covid-19 dengan Pengimplementasian Kurikulum Merdeka
Abstract
Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan informasi tentang penerapan kurikulum merdeka pasca pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan materi dalam artikel ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan subjek tentang situasi dan data yang diperoleh dengan kondisi alamiah atau riil (tanpa situasi eksperimen) untuk membuat gambaran umum yang sistematis atau deskripsi rinci yang faktual dan akurat. Sehingga menjadi informasi yang berguna dan mudah dipahami pembaca. Artikel ini menjelaskan mengenai implementasi kurikulum merdeka pasca Pandemi Covid-19. Yang mana kurikulum ini menekankan pendidikan Indonesia pada pengembangan aspek keterampilan dan karakter sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia. Salah satu tujuan kurikulum merdeka adalah mengejar ketertinggalan pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Sehingga diperlukanlah manajemen peningkatan mutu pendidikan dengan pengimplementasian kurikulum merdeka belajar.
References
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu. P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Educational and Language Research, Vol.1, No.12. p-ISSN: 2807-8721, e-ISSN: 2807-937X.
Ariga, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka pasca pandemi covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.2, No.2, hal 662-670.
ditsmp.kemdikbud.go.id. (2022). Tujuh Tahapan Perencanaan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Diakses pada 3 Desember 2022, dari https://ditsmp.kemdikbud.go.id/tujuh-tahapan-perencanaan-pembelajaran-dalam-kurikulum-merdeka/
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan. A. H., & Prihant. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu. Vol.6, No.4, hal 6313-6319. p-ISSN: 2580-3735 e-ISSN: 2580-1147. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.
Faliyandra, F., Azisi., & Rosi, F. (2021). Peran kepala madrasah pasca pandemi covid-19: Kajian integrasi manajemen pendidikan dan kecerdasan sosial perspektif islam. Vol.4, No.2. p-ISSN: 2615-0212 e-ISSN: 2621-2838.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.