The NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM KITAB SLOKANTARA
Pendidikan Karakter, Slokantara
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Slokantara. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data diperoleh melalui studi kepustakaan Kitab Slokantara dijadikan sebagai pustaka primer yang didukung oleh sumber-sumber sastra Hindu lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai religius, jujur, kerja keras, komunikatif/bersahabat, cinta damai, tanggung jawab, dan peduli sosial dalam kitab Slokantara. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Slokantara dapat dijadikan sebagai salah satu referensi dalam proses pendidikan anak usia dini demi terbentuknya anak yang suputra. Proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan karakter dapat dilakukan dengan berbagai metode diantaranya yaitu metode bercerita, karyawisata, bermain peran, dan eksperimen. Setiap anak diharapkan mendapatkan proses Pendidikan terbaik dari keluarga, sekolah, dan masyarakat demi terwujudkan manusia berkarakter.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Apsari, Ida Ayu Gde Saraswati & Paramita, I.G.A. (2016). Konsep Surga, Neraka dan Moksa Dalam Kekawin Candra Bairawa (Vol XV, No 28, p. 29-44). Dharmasmrti.
Aryawan, I Wayan. 2021. Penerapan Kepemimpinan Asta Brata dalam Pendidikan dari Sudut Pandang Teori Konflik (Vol 7, No 1, p. 56-66). Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. Undiksha.
Bali, Ketut Sastrawan. 2017. Implementasi Dana Punia Menurut Ajaran Agama Hindu (Vol I, No 1, p. 54-61). Maha Widya Duta.
Devianti, Rika dkk. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling (Vol 3, No. 2, p. 67-78). Mitra Ash-Shibyan Publishing.
Fitroh, S. F., Dwi, E., Sari, N., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Madura, U. T. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. PG-PAUD Trunojoyo.
Gunada, I Wayan Agus, dkk. 2023. Internalisasi Nilai Susila dan Pendidikan Karakter Dalam Slokantara Untuk Penguatan Moderasi Beragama (Vol 7, No 1, p. 46-64). Jayapangus Press.
Hadi, Sukirno Raharjo. 2023. Implementasi Nilai-Nilai Catur Warna pada Pendidikan Hindu: Kajian Pendidikan Informal (Vol 14, No 1, p. 23-37). Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama dan Budaya Hindu.
Harianti, Dwi. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Lontar Cilinaya. Jurnal Syntax Admiration (Vol 1, No 5, p. 507-517).
Hazanah, Uswatun dan Fajri, Nur. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini (Vol 2, No 2, p. 116-126). Jurnal PAI.
Kadjeng, I Nyoman dkk, 2005, Sarasamuscaya, Surabaya: Paramita.
Kemetrian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakater Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Khaeriyah, Ery., Saripudin, Aip., & Kartiyawati, Riri. (2018). Penerapan Metode Wksperimen Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. (Vol 4, No 2, p. 102-119). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak
Khaironi, Mulianah dan Ramdhani, Sandy. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age (Vol 1, No 2, p. 82-89). Universitas Hamzanwadi.
Kitya, Gedong. Wrhaspatitattwa, IIIb/54. Singaraja.
Liza, Sjeny Souisa. 2018. Penerapan Metode Karyawisata Bagi Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol XV, No 2, p. 118-129). Jurnal Ilmiah Tangkole Putai.
Marsono, Darna, I. W., Astawa, I. N., Kiriana, I. N., & Suwadnyana, I. w. (2020). Modul Tattwa. Denpasar: Kementerian Agama Republk Indonesia Dirjen Bimas Hindu IHDN.
Mawarti, A. (2022). Peran Penting Pendidikan Karakter Orang Tua Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Pancasila Dan Bela Negara (Vol 2, No 1, p. 31–36.
Nur Azizah, A., & Ali, M. (n.d.). Penanaman Nilai Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun Di Tk Khodijah, 1–16.
Prasetyo, N. (2011). Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol 3, No 5.
Pudja. G. 2010. Bhagavadgita (Pancama Weda). Surabaya: Paramitha.
Ramdhani, Sandy dkk. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini (Vol 3, No 1, p. 153-160).
Rasyad, A. (2015). Developing a Parenting Training Model of Character Education for Young Learners from Poor Families by Using Transformative Learning Approach. International Education Studies, (Vol 8, No 8, p. 50-56).
Sriwahyuni, Eci & Nofialdi. 2016. Metode Pembelajaran yang Digunakan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda (Vol 4, No 1, p. 44-62).
Sudharta, T. (2003). Slokantara Untaian Ajaran Etika: Teks, Terjemahan dan Ulasannya. Denpasar: Paramita.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung. Alfabeta.
Titib, I Made, 2006, Svarga, Neraka, Moksa dalam Svargarohanaparva. Surabaya; Paramita.
Titib, I. M. (2012). Keutamaan Manusia dan Pendidikan Budi Pekerti. Surabaya: Paramita.
Trisdyani, Ni Luh Putu. 2019. Etika Hindu Dalam Cerita Tantri Kamandaka. Jnanasiddhanta Jurnal Prodi Teologi Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja p. 8-18.
Wiguna, I. B. A. A. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah PAUD Di Masa Pandemi Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya (No. 1, pp. 221-233).
Wirjosuputro, Sutjipto. 1968. Kakawin Bharatayudha. Jakarta.
Yaumi. (2014). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






