IMPLEMENTASI STRATEGI PAIKEM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISYA DI PASRAMAN SAMIAGA
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam meningkatkan motivasi belajar sisya di Pasraman Samiaga. Pasraman merupakan lembaga pendidikan Hindu yang memiliki peran krusial dalam mewujudkan generasi muda yang bermoral dan berintelektual. Namun pembelajaran yang monoton, sistem pembelajaran kelas rangkap, kurangnya penggunaan teknologi, dan kesenjangan antara materi yang dibutuhkan dan diterima merupakan beberapa hal yang mempengaruhi motivasi belajar sisya. Sebagai salah satu upaya acarya di Pasraman Samiaga yaitu mengimplementasikan strategi PAIKEM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi langsung non partisipan, wawancara langsung tidak terstruktur, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini, dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil Hasil analisis data menunjukan bahwa implementasi strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) di Pasraman Samiaga dapat meningkatkan motivasi belajar sisya. Hal ini terlihat dari peningkatan semangat belajar, sisya tidak merasa tertekan atau tegang, sisya terdorong untuk aktif dan tidak bosan, sisya termotivasi untuk lebih giat belajar, sisya bertanya kepada guru atau teman ketika ada materi yang belum dimen, menyadari pentingnya belajar, dan percaya bahwa usaha yang dilakukan tidak akan menghianati hasil.
Keywords: Strategi, PAIKEM, Motivasi Belajar, Pasraman
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aswan, H. 2016. “Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM Edisi Revisi.” Aswada Pressindo 88.
Bagiarta, I. M. 2021. “Penerapan PAIKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Journal of Education Action Research 5(2):285–93.
Cahyono, Dedi Dwi, Mohammad Khusnul Hamda, and Eka Danik Prahastiwi. 2022. “PEMIKIRAN ABRAHAM MASLOW TENTANG MOTIVASI DALAM BELAJAR.” Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 6(1):37–48.
Dkk, Hartono. 2012. PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Faozi, Achmad, Titik Haryati, and I. Made Sudana. 2024. “Implementasi PAIKEM Di Sekolah Dasar Negeru 2 Patukangan Kendal.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(2):767–78.
Fauziah, N. S., and L. Sahlani. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” Islamic Journal of Education 2(1):21–30.
Hasanah, N., and S. Q. Ain. 2022. “Strategi Pembelajaran PAIKEM Di Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(6):10214–27.
Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM Dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Kholishoh, Umi. 2021. “Upaya Acarya PAI Dalam Meningkatkan Keaktifan Sisya Melalui Strategi PAIKEM Di Kelas XI IPS SMAN 1 Jetis Ponorogo.” Doctoral Dissertation IAIN Ponorogo.
Lif, Khoiru Ahmadi, and Amri Sofyan. 2011. PAIKEM GEMBROT. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Maryani, Dini. 2023. “Implementasi Strategi PAIKEM Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 1 Padamara Purbalingga.” Doctoral Dissertation, UIN KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Nanda, Novitasari. 2022. “Pengaruh Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (Paikem) terhadap Motivasi Belajar Sisya pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir.” (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). 1–23.
Naufal, Musyaffa’ Rafif. 2023. “Efektivitas Multimedia Dalam Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum Merdeka Di Kelas IX SMPN 25 Tangerang.” Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan 3(1):56–63.
Nurjan, Syarifan. 2016. Psikologi Belajar. Ponorogo: CV. WADE GRUP.
Rihlasyita, W. R., and R. D. Rahmawati. 2022. “Analisis Penerapan Metode PAIKEM GEMBROT Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Pandemi Wilda.” EDUSCOPE 08(01):40–55.
Rudiarta, I. Wayan, and Ida Bagus Kade Yoga Pramana. 2021. “Mengembangkan Pembelajaran PAIKEM Di Pasraman Dalam Menyongsong Era Society 5.0.” Science And Religion Discourse 85–96.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Acarya),. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2018. “Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.” Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, H. B., and N. Mohamad. 2022. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Bistari Basuni. 2017. “Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif.” Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan 1(2):13–20.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






