Implementasi Tat Twam Asi Pada Pendidikan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19
Indonesia
Abstrak
Corona Virus Disease 2019 atau biasa yang sering kita sebut dengan Covid-19 adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia semenjak akhir tahun 2019 sehingga menyebabkan pandemi di seluruh dunia. Negara Indonesia sendiri sudah menerapkan New Normal atau kehidupan baru dengan kebiasaan baru dengan menjalani protokol kesehatan yakni, wajib menggunakan masker selama melakukan kegiatan di luar rumah, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer ketika sehabis memegang sesuatu dan menjaga jarak dengan orang sekitar. Pandemi ini tentu saja mempengaruhi berbagai sektor, terutama sektor pendidikan. Dalam dunia pendidikan, peserta didik diharuskan untuk melaksanakan pembelajaran di rumah secara daring yang di bantu oleh guru dan orangtua siswa. Dengan adanya pembatasan kegiatan skala besar ini menyebabkan interaksi antar sesama berkurang sehingga berdampak pada pembentukan karakter baik anak yang seharusnya terbentuk di sekolah dan di rumah saat mereka memasuki pendidikan usia dini hingga tingkat sekolah menengah atas. Karakter baik pada anak dapat tercermin dalam ajaran agama Hindu salah satunya adalah Tat Twam Asi yang merupakan dasar dari Tata Susila Hindu di dalam usaha untuk mencapai perbaikan moral. Tat Twam Asi berarti itu adalah engkau, maksudnya adalah bahwa kedudukan sebagai sesama manusia adalah sama. Mengaplikasikan ajaran Tat Twam Asi pada peserta didik di rumah dan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 dapat membentuk karakter baik dalam menghormati dan mengasihi orang tua, teman, guru, warga sekitar dan lingkungan sekitar sehingga dapat mewujudkan suasana damai dalam keluarga dan kerukunan antarsesama.
Downloads
References
Artana, Dewa dkk. 2017. Kreatif Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas VI untuk SD. Denpasar: Penerbit Duta.
Barnawi & M. Arifin. 2012. Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Budimansyah, D. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.
Kajeng, I Nyoman. 2003. Sarasamuccaya Dengan Teks Bahasa Sansekerta dan Jawa Kuna. Surabaya: Paramita.
Komalasari, K. & Sapirudin, D. 2017. Pendidikan Karakter Konsep dan Apilkasi Living Values Education. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kunandar. 2011. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dan Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Samani, Muchlas dkk. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yulianto, Diyan. 2020. New Normal Covid-19 Panduan Menjalani Tatanan Hidup Baru Di Masa Pandemi. Yogyakarta: Hikam Pustaka.
Copyright (c) 2022 desak ketut angraeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.