Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pasca Pandemi Covid-19 di SMKN 1 Muara Teweh Kabupaten Barito Utara

  • Mitro Mitro
Kata Kunci: Pembelajaran, Tatap Muka Terbatas, Pandemi Covid-19

Abstrak

Pelaksanaan Pembelajaran tatap muka terbatas merupakan salah satu alternatif yang diberikan oleh pemerintah dalam mengatasi berbagai macam permasalahan dalam Pembelajaran yang dilakukan secara daring. Proses pembelajaran tersebut membutuhkan berbagai macam persiapan yang perlu dilakukan guna memperlancar proses belajar peserta didik. Selain persiapan sarana dan prasarana penunjang persiapan kompetensi dari tenaga pendidik juga perlu untuk dipersiapkan, karena pendidik memiliki peran penting dalam ketercapaian pembelajaran yang efektif dan efesien. Guru dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam mendesain kelas sehingga pembelajaran tatap muka terbatas dapat berjalan. Kreatifitas guru sangat dibutuhkan karena siswa yang selama pandemic selalu dibantu oleh orang tua harus kembali dijadikan siswa yang mandiri. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SMKN 1 Muara Teweh Kabupaten Barito Utara telah dilaksanakan dengan tahapan  yaitu Tahap Pra Instruksional yang merupakan tahap persiapan sebelum pembelajaran. Tahap Instruksional yaitu membentuk kelompok belajar, optimalisasi media mendesaian Materi Pembelajaran penyajian Materi Ajar. Tahap Pasca Pembelajaran yaitu tahapan yang dilakukan guna mengevaluasi jalannya proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, S., Nasirun, M., & D., D. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Dengan Barang Bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.24-33
Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28.
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Idrus L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.
Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.
Magdalena, I., Wahyuni, A., & Hartana, D. D. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Daring yang Efektif Selama Pandemi di SDN 1 Tanah Tinggi. Edukasi Dan Sains, 2(2), 366–377. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Majid, A. (2021). Strategi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Nadhirin, A. U., & Surur, A. M. (2020). Manajemen Waktu Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81–94. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2939
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
SKB No. 03/KB/2021, 384 Tahun 2021, HK.01.08/MENKES/4242/2021, 440-717 Tahun 2021, 5 (2021).
Syahmi, D. (2016). Eksistensi Kelompok Belajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Kelas X Di Sma Negeri 9 Makassar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 3(2), 49.
Diterbitkan
2022-10-31
How to Cite
Mitro, M. (2022). Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pasca Pandemi Covid-19 di SMKN 1 Muara Teweh Kabupaten Barito Utara. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 13(2), 70-85. https://doi.org/10.33363/ba.v13i2.890