Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Agama Hindu di SMKN 2 Katingan Hilir Kabupaten Katingan

  • Ni Putu Eka Merliana
Keywords: Persepesi Siswa, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Agama Hindu

Abstract

Pembelajaran Daring menjadi proses pembelajaran yang diterapkan di masa pandemi Covid 19, karena dengan proses pembelajaran tersebut dapat mengurangi tingkat resiko penularan. Pembelajaran daring haruslah memperhatikan hal utama yaitu dalam penerapan teknologi bagi para siswa. Tidak semua siswa mampu dan memiliki teknologi sebagai pendukung dalam proses pembelajaran daring. SMKN-2 Katingan Hilir Kabupaten Katingan yang merupakan sekolah kejuruan dan lebih mengutamakan pembelajaran praktek sudah menerapkan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penerapan pembelajaran daring yang dilakukan di SMKN-2 Katingan Hilir Kabupaten Katingan khususnya pada mata pelajaran agama Hindu, implikasi atau hal yang berdampak secara langsung dari pemanfaatan teknologi terhadap para siswa dalam proses pembelajaran serta persepsi siswa dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pendukung proses pembelajaran secara daring di SMKN-2 Katingan Hilir Kabupaten Katingan. Metode penelitian yang dilakukan dengan menggunakan mix method (Metode campuran) dengan model Concurrent Triangulation.  Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa pandangan dari para siswa yang mengungkapkan bahwa pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran daring merupakan hal yang mudah karena sudah terbiasanya para siswa memanfaatkan teknologi sebelum proses pembelajaran daring diterapkan, dan yang kedua adalah proses pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran yang tidak efektif. Hal tersebut dikarenakan tidak pahamnya para siswa dalam menerima materi yang disampaikan oleh Guru terkhusus pada mata pelajaran agama Hindu.

Published
2022-12-31